You Are Reading

0

Seminar Nasional Pendidikan

ASOSIASI GURU SWASTA INDONESIA (AGSI) Senin, 13 Juni 2011



Seminar Nasional Pendidikan yang bertema “Peranan Brain Bases Learning (BBL), Tema dan Sistem Sentra dengan konsep Knowing-Feeling dan Acting-Feeling dalam menciptakan pendidikan dan sekolah berkarakter”.

Latar Belakang
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah (UU No. 14 Tahun 2005, Bab I Pasal 1).
Keberadaan guru yang kompeten dan profesional merupakan salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia agar dapat bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Hampir semua bangsa di dunia ini selalu mengembangkan kebijakan yang mendorong terciptanya guru yang kompeten dan berkualitas.
Salah satu indikator guru profesional dan kompeten adalah guru yang mampu beradaptasi dengan perkembangan keilmuan yang hari demi hari semakin canggih. Selain itu, guru yang profesional dan kompeten juga harus mampu menerapkan model dan metode pembelajaran berdasarkan tuntutan waktu dan kebutuhan peserta didik. Penerapan pola ini akan menciptakan suasana menyenangkan dalam belajar, enjoy dalam mengajar, yang pada akhirnya akan menghasilkan proses KBM yang berkualitas termasuk peserta didik yang berprestasi.
Dengan terjun didalam organisasi profesi, guru diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas, inovatif serta memiliki Emotional Quostion (EQ) dan Spiritual Quotion (SQ) yang baik.
Sebagai unsur masyarakat yang mengerti tentang jalannya proses pendidikan. Asosiasi Guru Swasta Indonesia (AGSI) merasa punya tanggung jawab moral untuk “bersuara” dan melakukan sesuatu guna turut serta menjaga eksistensi bangsa ini. Sebagai perwujudan kepedulian, kami terus berupaya untuk melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan profesionalisme, kompetensi dan pemberdayaan guru sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Sejalan dengan upaya tersebut, kami berniat menyelenggarakan satu bentuk kegiatan yang akan mengeksplorasi peranan organisasi profesi guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu, kami ingin mengajak saudara-saudara sebangsa dan setanah air terutama para guru dan stakeholder lain yang berperan penting bagi kemajuan pendidikan Indonesia. untuk duduk bersama membahas dalam sebuah Seminar Pendidikan yang bertema “Peranan Brain Bases Learning (BBL), Tema dan Sistem Sentra dengan konsep Knowing-Feeling dan Acting-Feeling dalam menciptakan pendidikan dan sekolah berkarakter”.

BENTUK KEGIATAN
Adapun Bentuk Kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu :
1.           Seminar Nasional Pendidikan yang bertema “Peranan Brain Bases Learning (BBL), Tema dan Sistem Sentra dengan konsep Knowing-Feeling dan Acting-Feeling dalam menciptakan pendidikan dan sekolah berkarakter”.
2.          Publikasi Keberadaan Organisasi Profesi di Kabupaten Ciamis yaitu Asosiasi Guru Swasta Indonesia (AGSI).

TUJUAN KEGIATAN
Adapun Tujuan Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan yang akan dilaksanakan ini adalah :
1.           Memberi wawasan kepada para guru bagaimana menjadi guru yang kompeten dan profesional untuk meningkatkan kualitas pendidikan;
2.          Mendorong peningkatan profesionalisme dan kompetensi guru, baik melalui program sertifikasi pemerintah maupun melalui berbagai jalan lain, di antaranya dengan ’sharing and growing’ dalam forum dan wadah keguruan.
3.          Sharing informasi dan pengetahuan ihwal pentingnya Peranan Brain Bases Learning, Tema dan Sistem Sentra dengan konsep Knowing-Feeling dan Acting-Feeling dalam dunia pembelajaran dan pendidikan berkarakter;
4.          Adanya rumusan atau konsep yang jelas tentang peranan Guru dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar dalam memahami kelengkapan belajar dan lingkungan yang mendukung kegiatan belajar dalam penerapan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter;
5.          Adanya kesepakatan bersama untuk meningkatkan mutu pembelajaran dengan memberi prioritas pada peranan organisasi profesi guru sehingga guru dapat mewujudkan tujuan pendidikan nasional;

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Adapun Waktu dan Tempat Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan InsyaAllah  akan dilaksanakan pada :
Hari        : Minggu
Tanggal  : 24 Juli 2011
Waktu    : 08.00 s.d. selesai
Tempat  : GOR Geger Bentang – Sukahurip – Pamarican
 Jalan Raya Kertahayu – Pamarican Kab. Ciamis

PROGRAM KEGIATAN
Adapun Seminar Nasional Pendidikan ini dilaksanakan dalam rangka membahas “ Peranan Brain Bases Learning, Tema dan Sistem Sentra dengan konsep Knowing-Feeling dan Acting-Feeling dalam dunia pendidikan dan Sekolah berkarakter”. Agar seminar ini menghasilkan sesuatu yang produktif dan mencapai tujuan yang diharapkan, maka kami akan menghadirkan para nara sumber yang berkompeten dibidangnya.
Keynote Speaker, Pembicara dan Moderator

Keynote speaker adalah    :
H. IING SYAM ARIFIN (Wakil Bupati Ciamis)
Drs. AKASAH, MBA. (Kadisdik Kab. Ciamis)
Pembicara      :
1.       BAMBANG Q-ANEES (Praktisi dan Asesor Pendidikan)
2.     Dr. GUMILAR, S.Pd.,MM (Praktisi dan Asesor Pendidikan)
3.     Drs. DIDI RUSWENDI (Ketua Umum Asosiasi Guru Swasta Indonesia)
Moderator       : Tono Tarsono (Direktur Pesona Enterprise)

PESERTA KEGIATAN
Adapun Peserta Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan adalah : Guru , Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, LSM dan Praktisi Pendidikan.

INVESTASI DAN SARANA PESERTA
Investas Peserta Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan Sebesar Rp. 50.000,- (Lima Puluh Ribu Rupiah) per Orang.
Sarana Peserta yang diperoleh :
1.       Seminar Kit
2.     Snack dan Nasi Dus (+ Softdrink)
3.     Makalah Pemateri
4.     Sertifikat
5.     Kupon Doorprize untuk Dapatkan hadiah Menarik dari Panitia dan Sponsor.

Pendaftaran Mulai Tanggal 20 Juni  – 22 Juli  2011 ditempat sebagai berikut :
1.          Jalan Raya Kertahayu – Pamarican Desa Sukahurip Kec. Pamarican Kab. Ciamis Kontak Person : Sdra. Baehaki Efendi HP : 085223727484 – 085223854868
2.          Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 134 Kertasari Ciamis 46213 Kontak Person : Sdra. Drs. Didi Ruswendi (08122395149) atau Tono Tarsono (085223580809)
e-mail       : agsi.pimpus@gmail.com
FORMULIR PENDAFTARAN

No. Regestrasi Peserta : _____________ (di isi oleh Panitia)

Nama                                    : _____________________________
Tempat/Tgl. Lahir               : _____________________________
NIP/NUPTK                          : _____________________________
Tempat Tugas                      : _____________________________
Alamat Tempat Tugas       : _____________________________
  _____________________________
  _____________________________
Tlp. Tempat tugas               : _____________________________
Alamat Rumah                   : _____________________________
  _____________________________
  _____________________________
Tlp./HP                                  : _____________________________




Photo :
3 x 4

 

_____________________,2011
Peserta





_________________________

Formulir ini Harap dibawa saat mendaftar.


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

Posting Komentar